Mengatasi Kesulitan
Siswa yang Malas Belajar Kimia
Malas
adalah suatu perasaan di mana seseorang akan enggan melakukan sesuatu karena
dalam pikirannya sudah memiliki penilaian negatif atau tidak adanya keinginan
untuk melakukan hal tersebut.
Malas
belajar adalah suatu keadaan dimana seseorang enggan melakukan proses belajar
baik berupa keengganan untuk aktif dalam proses pembelajaran maupun keengganan
untuk memahami dan menganalisis materi pelajaran, keengganan membaca materi dan
keengganan mencari solusi dari perasalahan materii pelajaran, keengganan ini
dapat muncul karena konsep atau penilaian negatif tentang belajar ataupun tidak
adanya inisiatif untuk melakukan kegiatan belajar.
Kesulitan
belajar adalah kondisi dimana anak dengan kemampuan intelegensi rata-rata atau
di atas rata-rata, namun memiliki ketidakmampuan atau kegagalan dalam belajar
yang berkaitan dengan hambatan dalam proses persepsi, konseptualisasi,
berbahasa, memori, serta pemusatan perhatian, penguasaan diri, dan fungsi
integrasi sensori motorik (Clement, dalam Weiner, 2003). Berdasarkan pandangan
Clement tersebut maka pengertian kesulitan belajar adalah kondisi yang
merupakan sindrom multidimensional yang bermanifestasi sebagai kesulitan belajar
spesifik (spesific learning disabilities), hiperaktivitas dan/atau
distraktibilitas dan masalah emosional
Dari sini
timbullah apa yang disebut kesulitan belajar (learning difficulty) yang tidak
hanya menimpa siswa berkemampuan rendah saja, tetapi juga dialami oleh siswa
yang berkemampuan tinggi. Selain itu kesulitan belajar juga dapat dialami oleh
siswa yang berkemampuan rata-rata (normal) disebabkan oleh faktor-faktor
tertentu yang menghambat tercapainya kinerja akademik yang sesuai dengan
harapan.
Ciri-Ciri
Siswa Malas Belajar
a. Datang tidak tepat waktu
b. Sering menunda sesuatu
c. Suka menyuruh
Siswa
yang malas selalu mengandalkan bantuan dari orang lain. Itulah sebabnya dia
suka sekali menyuruh orang lain mengerjakan sesuatu. Misalnya menyuruh teman
untuk mengerjakan pr sekolah.
d. Mencontek jawaban
e. Memiliki kesanggupan melakukan proses belajar tetapi
enggan untuk aktif dalam proses
belajar .
f. Memiliki fasilitas dan kemudahan untuk
mengakses sumber belajar namun tidak mau memanfaatkan fasilitas dan kemudahan
tersebut untuk belajar
g. Memiliki waktu untuk belajar namun tidak
memanfaatkan waktu dengan baik.
h. Menghindari kewajiban belajar.
i. Memberikan banyak alasan untuk
menghindar dari kegiatan belajar
j. Menolak mengerjakan tugas
k. Cepat puas dengan prestasi yang telah
dicapai
Faktor-Faktor
Yang Menyebabkan Siswa Mals Belajar Kimia
a. Faktor intrinsik (dalam diri anak
sendiri)
Kurangnya
waktu yang tersedia untuk bermain.
Kelelahan
dalam beraktivitas (misal terlalu banyak bermain/membantu orang tua)
Sedang
sakit
Sedang
sedih (bertengkar dengan teman sekolah, kehilangan barang kesayangan dll)
Iq/eq
anak
b. Faktor ekstrinsik
Sikap
orang tua yang tidak memperhatikan anak dalam belajar atau sebaliknya (terlalu
berlebihan memperhatikan) banyak orangtua yang menuntut anak belajar hanya demi
angka (nilai) dan bukan atas dasar kesadaran dan tanggung jawab anak selaku
pelajar. Memaksakan anak untuk les ini itu. Dsb.
Sedang
punya masalah di rumah (misalnya suasana di rumah sedang “kacau” karena ada
adik baru).
Bermasalah
di sekolah (tidak suka/phobia sekolah, sehingga apapun yang berhubungan dengan
sekolah jadi enggan untuk dikerjakan).termasuk dalam hal ini adalah guru dan
teman sekolah.
Tidak
mempunyai sarana yang menunjang blajar (misal tidak tersedianya ruang belajar
khusus, meja belajar, buku penunjang , dan penerangan yang bagus.alat tulis,
buku dll)e. Suasana rumah misalnya rumah penuh dengan kegaduhan, keadaan rumah
yang berantakan ataupun kondisi udara yang pengap.
Selain
itu tersedianya fasilitas permainan yang berlebihan di rumah juga dapat
mengganggu minat belajar anak. Mulai dari radio tape yang menggunakan kaset,
cd, vcd, atau komputer yang diprogram untuk sebuah permainan (games), seperti
game boy, game watch maupun play stations.
Sulit
memahami soal atau pelajaran. Permasalahan satu ini sering dijadikan alasan
untuk malas belajar karena kalau sudah sulit dengan soal dalam mata pelajaran
kita jadi dipusingkan dengan pelajaran tersebut, untuk mengatasi permasalahan
tersebut kita bisa belajar bersama-sama dengan teman atau kita sering sebut
belajar kelompok, dengan belajar kelompok kita bisa sharing berbagai soal yang
sulit dengan teman kita
Lingkungan
sekitar, sangatlah berpengaruh dalam proses belajar. Apabila lingkungan kita
tidak nyaman maka secara otomatis kita akan malas belajar, untuk mengatasi
permasalahan tersebut hendaknya kita menciptakan lingkungan se-nyaman mungkin.
Permasalahan :
Bagaimana kita
sebagai calon guru mendapati ada siswa yang malas dalam belajar, tindakan apa
yang akan kita lakukan terhadap siswa yang malas belajar?
Melakukan pendekatan personal, dengan cara memberikan motivasi kepada siswa agar giat dalam belajar, karena ilmu ini sangatlah penting . Sangat berguna untuk diri siswa itu sendiri ataupun untuk orang-orang yang ada disekitarnya
BalasHapusbagaimana jika seorang guru sedah melakukan pendekatan persenol kepada siswa tersebut, tapi siswanya masih tetap bermalas-malasan?
Hapuslangkah awal yang harus dilakukan oleh guru adalah dengan melakukan pendekatan secara personal sehingga guru mengetahui faktor malas belajar siswa tsb dan dapat meberikan motivasi semangat belajar
BalasHapusjika langkah awal yang maya bilang pendektan personal itu tidak berhasil, langkah apa lagi yang dilakukan oleh guru tersebut?
Hapusdengan mengkoreksi diri kita terlebih dahulu apakah kita telah melakukan pembelajaran secaara maksimal? atau hanya menggunakan metode ceramah yang tidak begitu menarik minat siswa untuk belajar? setelah kita mengetahui kekurangan kita, kita dapat belajar untuk memodif pembelajaran dengan menggunakan model dan media pembelajaran sehingga pembelajaran akan berjalann maksimal
BalasHapusjadi menurut rani dengan guru memodif cara pembelajaran dengan menggunakan model dan media pembelajaran, siswa akan termotivasi? tapi hasil observasi kami kemaren, walaupun guru sudah memodif cara belajarnya tapi masih ada sisiwa yang tidur dikelas dan mengajak teman sebelahnya berbicara
HapusDengan cara memberikan pembelajaran yang semenarik mungkin agar siswa termotivasi untuk belajar, apabila sang siswa masih saja malas, maka guru perlu mendekati siswa tersebut secara personal dan menanyakan apa yg membuat anak itu malas untuk belajar, serta selalu memberikan motivasi dan dukungan kpd siswa tsb.
BalasHapus